Perhitungan Biaya & Harga Pembangunan Bangunan Gedung

Perhitungan Biaya & Harga Pembangunan Bangunan Gedung

Membangun gedung tentu membutuhkan biaya yang sangat besar, apalagi jika dilakukan di pusat perkotaan. Kian tahun harga tanah maupun harga material semakin naik, bahkan kenaikan akhir-akhir ini sangatlah besar bisa mencapai 15%.

Bila kita sudah punya cukup uang untuk beli tanah, maka lebih baik beli tanah sekarang juga. Bila sudah punya cukup uang untuk beli kebutuhan material dan biaya tenaga kerja, maka baru memikirkan mengenai pembangunan rumah.

Perhitungan Biaya & Harga Pembangunan Bangunan Gedung
Source: Pixabay.com

Biaya & Harga Pembangunan Bangunan Gedung

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan gedung:

1. Biaya Tanah

Ukur dulu kebutuhan luas gedung anda. Misal anda ingin membangun kantor denga luasan 85 m persegi. Maka kita nantinya butuh setidanya 100 m persegi tanah. Bila bangunannya untuk toko ataupun ruko dan membutuhkan banyak ruang untuk parkir, maka butuh lebih banyak tanah.

2. Biaya Material

Kebutuhan material bahan bangunan berbeda-beda sesuai masing-masing jenis gedung apa yang ingin dibuat. Namun jika diambil rata-rata, untuk bangunan 1 lantai butuh biaya sekitar 3 juta per meter persegi.

3. Biaya Tenaga Kerja

Tenaga kerja ada tukang dan kuli. Untuk daerah pedesaan mungkin harga tukang masih berada diangka 80 atau 85 ribu, namun untuk daerah perkotaan harganya sudah 125 ribu ke atas. Semakin luas bangunannya, semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan.

4. Biaya Desain

Untuk keperluan desain, kita butuh yang seorang arsitek. Sesuai aturan dari Ikatan Arsitek Indonesia, untuk bangunan di atas 200 juta biaya yang harus dibayarkan ke seorang arisitek adalah 6,48%. Namun anda juga dapat melakukan negosiasi bila dirasa terlalu mahal.

5. Biaya Tambahan

Biaya tak terduga, biaya perizinan, biaya pemasangan listrik, biaya pasang PDAM, biaya pemasangan pagar, biaya desain eksterior interior dan biaya tambahan tukang adalah contoh biaya yang perlu dipersiapkan dalam pembangunan gedung. Setidaknya kita perlu menyiapkan anggaran 10 hingga 20 persen untuk ini.

Itulah ulasan seputar biaya & harga pembangunan bangunan gedung, jika sekiranya membutuhkan kontrakor pembangunan gedung, silakan hubungi saja kami.