jasa renovasi rumah jasa renovasi toilet jasa renovasi bangunan harga kontraktor murah harga jasa bangun rumah murah jasa renovasi rumah murah jasa bangun rumah kontraktor rumah terbaik biaya jasa renovasi rumah jasa kontraktor renovasi rumah bulding contractor jasa renovasi rumah terpercaya jasa renovasi rumah bergaransi jasa renovasi bangunan rumah murah pemborong rumah jasa kontraktor bangunan pemborong renovasi rumah jasa pemborong renovasi rumah bangun rumah murah jasa bangun rumah borongan

Hal mendasar yang wajib ada di kontrak proyek renovasi rumah

Hal mendasar yang wajib ada di kontrak proyek renovasi rumah

Hal mendasar yang wajib ada di kontrak proyek renovasi rumah – Setiap pengerjaan proyek bangun ataupun renovasi rumah dalam kontrak tertulis antara kerjasama pihak kontraktor dengan owner atau pemilik rumah harus memuat hal hal mendasar dan penting yang terkait serta mengatur keseluruhan aspek proyek yang diperlukan. Berikut ini tujuh Aspek minimal yang harus ada dalam sebuah kontrak renovasi rumah adalah sebagai berikut:

Memuat segala informasi pribadi dari masing masing pihak yang melakukan kerjasama.Deskripsi dan rincian pekerjaan maupun jasa yang disetujui oleh semua pihak.Harga (nilai) kontrak dan cara pembayaran.Lokasi proyek dan waktu pelaksanaan proyek.Deskripsi dan rincian pekerjaan tambahan yang dapat diterima dan dikonversi sebagai biaya (harga)tambahan.Keadaan luar biasa yang diluar kemampuan (force majeure) Ditanda tangani oleh semua pihak yang terkait.

Dari sekian aspek yang tercantum diatas, ada hal-hal lain yang dapat ditambahkan seperti pemberian bonus kepada kontraktor bila dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan lebih cepat, atau denda (penalty) bila terjadi keterlambatan penyelesaian. Lebih baik lagi bila ada klausul yang menyebutkan tentang asuransi perlindungan pekerja untuk mengcover bila terjadi (walaupun tidak ada yang mengharapkan) kecelakaan kerja.

Membayar dengan full sesuai nilai kontrak sebaiknya tidak dilakukan pada awal proyek berlangsung. Sistem pembayaran yang wajar adalah terbagi dalam beberapa tahap pembayaran yang biasa disebut termin. Untuk pekerjaan yang kecil bisa dibagi dalam dua tahap; uang muka sekaligus tanda jadi sebesar 50%, kemudian pelunasan sebesar 50% setelah seluruh pekerjaan selesai. Atau yang agak besar bisa dibagi dalam tiga tahap, misalnya; uang muka sebesar 30%, pembayaran kedua 50%, dan pelunasan setelah seluruh pekerjaan selesai sebesar 20%. Sedangkan untuk nilai kontrak yang cukup besar, silahkan dibagi dalam 4, 5, atau 6 tahap (termin) pembayaran sesuai dengan kesepakatan.

Didalam isi perjanjian kontrak, diharapkan tidak menggunakan percakapan sehari-hari atau bahasa-bahasa lain yang mungkin tidak dimengerti oleh salah satu pihak. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan pastikan semua pihak mengerti serta memahami keseluruhan isi kontrak. Setiap kontrak perjanjian mestinya selalu alat yang dapat melindungi kepentingan antara kedua belah pihak yang melakukan kerjasama terkait dengan proyek renovasi rumah.

Semoga informasi tentang  Hal mendasar yang wajib ada di kontrak proyek renovasi rumah Dapat membantu , Terimakasih