Menghitung Biaya Renovasi Rumah

renovasi rumahRENOVASI RUMAH DI SOLO – Memiliki rumah pribadi merupakan idaman siapapun, namun bila Anda sudah memiliki rumah Anda tersebut tentunya akan membutuhkan perawatan tiap tahunnya karena kondisi cuaca tiap harinya akan membuat bangunan perlu perbaikan atau bahkan renovasi rumah. Nah dalam artikel kali ini saya akan memberikan cara bagaimana menghitung biaya renovasi rumah agar Anda tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk hal-hal yang tidak perlu.

Tag : Renovasi Rumah di Klaten, Renovasi Rumah di Sukoharjo, Renovasi Rumah di Wonogiri, Renovasi Rumah di Boyolali, Renovasi Rumah di Karanganyar

Menyusun Perhitungan dari Rancangan Rumah

Sebelum melangkah lebih lanjut dalam menghitung biaya perbaikan atau renovasi dari rumah Anda tersebut, tentunya Anda sudah mempunyai perencanaan atau rancangan dari renovasi yang akan dilakukan. Nah langkah selanjutnya adalah menentukan biaya untuk perbaikan rumah Anda yang bisa disusun dengan 2 tahapan berikut yaitu: estimasi biaya secara kasar dan juga perhitungan anggaran biaya.

Estimasi biaya secar kasar merupakan perkiraan biaya secara menyeluruh dan global yang biasanya dilakukan sebelum Anda membuat rancangan dari renovasi rumah Anda. Sedangkan perhitungan anggaran biaya merupakan kebalikan dari estimasi biaya secara kasar dimana perhitungan dilakukan secara mendetail atau terperinci yang disesuaikan dengan rencana atau rancangan yang telah Anda buat.

Tahapan dalam Membuat Biaya Estimasi

Dalam menyusun biaya estimasi maka perlu dilakukan beberpa tahapan terutama karena biaya estimasi ini dibuat sebelum Anda membuat rancangan rumah yang akan Anda perbaiki atau renovasi. Tahapan yang perlu Anda ikut dalam membuat sebuah perkiraan biaya renovasi adalah menghitung volume dari rumah Anda yang akan direnovasi, harga yang diminta untuk stuan standard terhadap rumah Anda serta kualitas setelah selesai dari rumah yang akan di renovasi. Namun perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan biaya secara kasar jadi hasil akhirnya bisa lebih dan bisa kurang dari estimasi tersebut.

Tahapan dari Perhitungan Anggaran Biaya

Nah kalau perhitungan yang terperinci tentunya lebih akurat dan lebih tepat diandingkan estimasi secara kasar namun perhitungan ini baru bisa dibuat setelah rancangan renovasi rumah selesai dibuat. Untuk menghitung secara tepat tentunya Anda harus mengikuti tahapan pekerjaan dari awal hingga akhir mulai dari pembersihan lahan; mendirikan pondasi hingga atap; melakukan tahapan finishing seperti lantai, plafond, dinding dan atap; instalasi listrik , pipa air, telepon dan lainnya; terakhir adalah tahapan pekerjaan luar seperti jalan setapak, taman ataupun halaman.

Hal-Hal Pokok untuk Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Dalam menghitung biaya renovasi rumah tentunya ada hal-hal pokok yang perlu Anda perhatikan yaitu:

  • Memperkirakan baiaya dari bahan-bahan yang akan digunakan untuk merenovasi rumah Anda. Harga bahan-bahan ini umumnya berubah-rubah dan mengalami peningkatan jadi Anda harus memastikannya ke toko bangunan. Biaya bahan-bahan ini juga sudah harus termasuk biaya pengangkutan dan jasa untuk bongkar muat.
  • Memperkirakan biaya para pekerja. Para kuli bangunan atau pekerja bangunan ada yang mempunyai keterampilan sebagai tukang dan ada yang sebagai kernet atau pembantu saja. Tentunya yang tukang bangunan mempunyai skill yang lebih tinggi sehingga akan meminta bayaran yang lebih tinggi perjamnya dibandingkan kernet. Biaya ini juga tergantung dari lamanya mereka bekerja.
  • Memperkirakan biaya dari peralatan yang akan dipakai. Hal ini harus dimasukkan dalam perkiraan biaya karena dalam merenovasi rumah mungkin Anda memerlukan mesin cor, bor, peotong keramik lantai dan lain sebagainya
  • Memperkirakan keuntungan dari si kontraktor yang Anda sewa yang tentunya sudah Anda bicarakan terlebih dahulu dengan kontraktor tersebut
  • Yang terakhir adalah memperhitungkan biaya-biaya yang tidak terduga.

Sekian artikel saya ini dan semoga dapat membantu Anda yang sedang merencanakan untuk memperbaiki atau merenovasi rumah Anda dan sampai jumpa di artikel lainnya.