Menghitung Biaya Bangun Rumah Serta Tips-Tips Dalam Bangun Rumah

bangun rumahBangun Rumah di Solo Raya – Memang lebih mudah sekarang ini bila kita memilih rumah yang sudah jadi yang dibangun oleh developer, namun terkadang bentuk rumah tersebut sama dengan rumah disebelahnya atau bahakan satu kompleks tersebut. Harga rumah yang sudah jadi juga umumnya lebih mahal karena bagaimanapun developer akan mengambil keuntungan dari investasi mereka tersebut. Nah, beberpa orang lebih memilih untuk membeli tanah kosong atau kavling dan kemudian memutuskan untuk bangun rumah diatas kavling yang telah dibelinya tersebut. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara menghitung biaya yang diperlukan untuk bangun rumah serta tips-tips yang diperlukan dalam membangun rumah.

Tag : Bangun Rumah di Klaten, Bangun Rumah di Boyolali, Bangun Rumah di Karanganyar, Bangun Rumah di Sragen, Bangun Rumah di Sukoharjo, Bangun Rumah di Surakarta

Menghitung Biaya Bangun Rumah

Biaya tentunya merupakan hal pertama yang dipikirkan saat akan membangun rumah. Kira-kira berpa biaya yang dibutuhkan untuk bangun rumah dan bagaimana cara menghitungnya? Merupakan pertanyaan yang pasti muncul di kepala orang-orang yang ingin mebangun rumah. Nah ada beberapa langkah untuk menghitung biaya yang diperlukan dalam membangun rumah.

Langkah pertama adalah mebuat perkiraan biaya dengan menghitung luas dari rumah yang akan dibangun. Pastinya dalam langkah ini Anda harus mengetahui luas dari rumah yang akan Anda bangun. Langkah ini sangat mudah untuk dlakukan karena Anda hanya perlu mengkalikan luas rumah yang akan dibangun dengan biaya pembangunan per meternya di daerah Anda. Contoh Anda ingin membangun ruah dengan ukuran 10m x10 m maka luas rumah Anda 100 m2. Bila biaya membangun rumah di daerah Anda adalah 2 juta rupiah per meternya maka Anda perlu menyaipkan dana 200 juta rupiah.

Langkah kedua adalah dengan menghitung setiap harga satuan dari rumah yang akan dibangun. Langkah yang kedua ini lebih rumit dan harus benar-benar teliti karena Anda perlu mencari harganya secara teliti dan menjumlahkan semuanya. Cara ini umumnya digunakan oleh para kontraktor untuk membuat laporan terperinci untuk diberikan kepada si pemilik rumah yang akan dibangun

Langkah ketiga adalah dengan melihat harga yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah ataupun pusat tiap bulannya. Yang harus kita lakukan adalah mencari volume dari pekerjaan yang akan dilakukan kemudian dikalikan dengan harga dari satuan standard pemerintah.

Tips Membangun Rumah

Bangun rumah yang berkualitas dengan harga yang murah sekarang ini hampir mustahil untuk dilakukan. Nah ada beberapa tips jika Anda ingin membangun rumah yang bukan hanya berkualitas tapi juga murah.

Tips pertama adalah Anda harus membuat suatu gamabar atau desain dari rumah yang akan dibangun. Memang untuk membuat gambar rumah yang akan dibangun akan membutuhkan biaya eksttra dalam menyewa jasa design namun akan memudahkan dalam menjelaskan kepada tukang bagaimana bentuk rumah yang Anda inginkan. Bila tidak Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjelaskan kepada tukang dan itu berarti tambahan biaya untuk tukang apalagi bila terjadi salah paham dan beberpaa bagian ruah tidak sesuai seperti yang Anda inginkan maka Anda akan mengeluarkan uang lagi unutk merubahnya.

Tips kedua adalah menghitung biaya yang dibutuhkan. Tips ini sudah saya jelaskan di atas dan merupakan langkah yang penting untuk mengetahui perkiraan biaya untuk bangun rumah tersebut.

Tips ketiga adalah mempelajari bahanbahan bangunan mana yang mempunyai kualitas terbaik namun harganya murah. Carilah toko-toko bangunan yang sedang mengadakan diskon untuk merek-merek yang ingin Anda gunakan.

Tips keempat adalah mengurus IMB karena bila tidak banguna rumah Anda akan disegel dan pembangunapun akan terhenti sementara yang artinya membuang waktu dan menambah biaya untuk para tukang bangunan yang Anda gunakan. Tips terakhir adalah Memilih tenaga kerja yang profesional dan kerjanya bagus.