Jasa Arsitek, Desain Interior & Kontraktor Bangunan Di Solo

Jasa Arsitek, Desain Interior & Kontraktor Bangunan di Solo – Memiliki rumah tinggal yang sesuai selera dan gaya hidup, tentulah dambaan bagi semua orang. Hal seperti itu belum tentunya bisa diwujudkan jika kita membeli rumah jadi. Karena membeli rumah jadi berarti kita menggunakan konsep dan desain orang lain. Belum tentu desain tersebut sesuai keinginan dan gaya yang kita miliki. Kemudian bagaimana agar bisa memiliki rumah yang menjadi idaman kita? Caranya yaitu dengan mengonsep, mendesain, dan membangun sebuah rumah tinggal sendiri.

Untuk itu diperlukan perancang bangunan atau arsitek yang bisa mentransfer keinginan dan ide kita ke dalam sebuah rancangan bangunan. Dengan memilih arsitek yang benar-benar berkualitas, gambaran tentang rumah ideal yang ada dalam pikiran kita bisa menjadi kenyataan. Seorang arsitek dalam mendesain bertugas untuk merancang segala sesuatu yang berhubungan dengan rancang bangunan sampai akhirnya menjadi sebuah bangunan. Di sini sudah termasuk proses pengawasan sampai bangunan jadi.

Tugas arsitek dalam desain bermula dari pesanan atau permintaan klien. Mereka kemudian mengonsep keinginan dan permintaan klien itu ke dalam sebuah rancangan yang didasarkan pada standardisasi ilmu arsitektur. Dalam proses ini arsitek akan memberikan saran kepada kliennya tentang bentuk bangunan yang sesuai dengan kondisi tekstur tanahnya.

Cara memilih arsitek untuk interior rumah impian kita memang tidak mudah, apalagi mendapat arsitek yang sejalan dengan kemauan dan keinginan kita. Sebagaimana kita ketahui bahwa rumah Anda bukan hanyalah sekedar untuk berteduh,  namun jauh daripada itu untuk memberi kenyamanan dan ketentraman bagi penghuninya dalam aktifitas sehari-hari. Selain itu, rumah juga akan menunjukkan symbol Anda sebagai individu, hobi dan “rasa” seni yang Anda miliki. Jadi, rumah yang sesuai dengan kita itu tentunya harus memberikan kenyamanan tersendiri, inspirasi dan semangat beraktifitas kepada seluruh penghuninya.

Untuk mewujudkan itu semua tentunya dibutuhkan konsultan arsitek yang tepat. Namun banyaknya konsultan arsitek yang menawarkan jasanya di internet, tentunya membuat kita menjadi bingung manakah yang harus dipilih. Berikut ini beberapa tips memilih arsitek, desain interior dan kantraktor bangunan yang baik dan professional, murah namun tak murahan:

Pertama, lihatlah kualitas gambarnya. Konsultan arsitek dan kontraktor bangunan yang profesional, tentunya memiliki kualitas gambar yang juga profesional alias tak murahan. Ini bisa terlihat dari kualitas gambarnya terlihat mirip dan halus dengan aslinya seperti gambar rumah yang telah jadi. Tak ada distorsi pada gambar tersebut dan tampilan mobil dan pohon yang terlihat di gambar begitu natural dan hidup. Disini Anda dapat membandingkan kualitas gambar diantara beberapa jasa arsitek, desain interior dan kontraktor bangunan  yang akan Anda pilih, mana kualitas gambarnya yang profesional.

Kedua, memiliki brand serta alamat yang jelas. Suatu jasa arsitektur yang profesional selalu memiliki brand tersendiri yang menjadi identitasnya. Hal ini dikenal dengan nama brand tersebut. Tak perduli apakah arsitek tersebut meruoakan arsitek freelance atau memiliki badan usaha karena tak semua arsitek yang memiliki badan usaha. Hal ini karena profesi arsitek merupakan profesi profesional layaknya pilot, dokter, mekanik, pengacara dan pekerja profesional lainnya. Kalau arsitek memiliki badan usaha seperti CV atau PT tentunya hal itu perlu terutama jika bangunan yang akan dikerjakan tersebut adalah bangunan project pemerintah ataupun project dari badan usaha juga. Namun kalau hanya rumah tinggal pribadi, arsitek freelance sudah cukup. Yang penting memiliki nama brand selaku indentitas dan yang kedua memiliki alamat yang jelas.

Ketiga, memiliki website profesional yang resmi. Di zaman yang serba online sekarang ini, memiliki website resmi menunjukkan keprofesionalan seseorang. Apalagi itu merupakan konsultan arsitektur atau biro arsitek. Sangat tak lucu jika sebuah jasa konsultan arsitektur yang profesional hanya memiliki blog gratisan. Hal ini tentunya sulit untuk dipertanggungjawabkan jika dikemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi kesimpulannya dalam memilih jasa arsitek tentunya ada baiknya memilih jasa arsitek yang memiliki website resmi.

Kelima, fast respond. Konsultan arsitektur profesional pasti pelayanannya juga profesional atau cepat. Jika Anda menghubunginya via email, dalam waktu 1×24 jam email Anda dibalas. Ini merupakan satu tanda konsultan tersebut profesional. Namun jika lebih dari 24 jam barulah dibalas, kita lihat dulu alasannya apa. Jika konsultan tersebut tak minta maaf atas keterlambatannya membalas email Anda, apalagi taki menerangkan alasannya, hal ini indikasi kurang baiknya pelayanan konsultan tersebut. Namun jika konsultan tersebut minta maaf dan menerangkan alasan keterlambatan membalas email Anda karena sesuatu, seperti lagi di luar kota atau kantornya sedang kebanjiran dan sebagainya, mungkin ini masih dapat diterima. Namun kalau email Anda baru dibalas setelah 3 hari apalagi sampai seminggu, ini sudah bisa dipastikan palayanannya kurang memuaskan.

Keenam,  ramah. Pembeli adalah raja. Pertanyaan ini ada benarnya dan ini menunjukkan pentingnya pelayanan yang ramah terhadap client atau pembeli. Dan bagi sebuah jasa arsitektur, keramahan tentunya dibutuhkan dan menunjukkan keprofesionalan sebuah jasa konsultan arsitektur tersebut.  Keramahan bukan hanyalah dari cara bicara ketika menjawab ditelpon, namun dari email yang kita terima juga dapat terlihat. Lihatlah emailnya, apakah ada basa-basinya seperti adanya salam pembuka, isi dan juga salam penutup atau tidak. Email Anda dijawab secara langsung sesuai pertanyaan yang Anda ajukan saja. Itu pun dengan kata-kata yang penuh singkatan seperti kata “mereka” menjadi mrk , “yang” menjadi yg, “tadi” menjadi td, dan berbagai singkatan yang lainnya. Semuanya ini mengindikasikan bahwa keramahan dan etika tidak ada pada konsultan tersebut.

Keenam , adanya Surat Perjanjian Kerja (SPK) secara tertulis. Jika Anda sudah cocok dengan berbagai point di atas, terakhir tanyakan apakah ada SPK yang akan dibuat dalam hubungan konsultasi atau tidak. Anda jangan takut terhadap keberadaan surat perjanjian karena justru SPK ini dapat membantu Anda dan membela Anda jika terjadi sesuatu hal, baik saat konsultasi berjalan maupun nanti di kemudian hari. Hal ini penting karena keberadaan Surat Perjanjian Kerja antara pemilik rumah dan konsultan arsitektur bukan hanya untuk melindungi salah satu pihak, namun justru menguntungkan kedua belah pihak dimana konsultan arsitektur selaku perencana terjamin masalah pembayarannya dan Anda selaku pemilik rumah akan terjamin kualitas dan pelayanannya yang didapatkan serta terjamin pula bahwa arsitektur tidak akan lari atau pergi dari tanggungjawab setelah uang muka atau DP Anda transfer.

Itulah tips memilih jasa arsitek professional dan terpercaya. Mudah-mudahan ditangan arsitek profesional pilihan Anda, rumah impian Anda akan terwujud. Jika anda sedang mencari jasa arsitek, anda bisa menggunakan Jasa Arsitek, Desain Interior & Kontraktor Bangunan di Solo yang terpercaya. Semoga bermanfaat !